MANFAAT JENGKOL BAGI KESEHATAN

16 November 2014, 5:10 pm Written by 
Published in Pengetahuan
Read 467 times

Oleh : Karnina Maryam (Bendahara DPK Kelas II)

Jengkol dikenal dengan baunya yang tajam dan khas. Sering dimasak sebagai hidangan pelengkap saat makan, dan sangat diminati apalagi sebagai menu lalapan. Namun bau mulut setelah makan jengkol dan bau air seni, kadang mengurangi rasa percaya diri dan mengganggu pengguna wc lainnya.

Dibalik aroma  baunya yang tajam dan tidak sedap, ternyata jengkol memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan belum banyak diketahui banyak orang, berikut ini beberapa manfaat yang terkandung pada jengkol ;

1.     Membentuk Jaringan Tubuh. 

Jengkol mengandung protein yang tinggi, bermanfaat dalam membentuk jaringan tubuh. Asam amino yang terkandung dalam protein, berperan dalam pembentukan jaringan tubuh. Protein mengendalikan proses pembentukan sel baru, saat adanya kerusakan di bagian sel tertentu dalam tubuh. Kandungan protein yang tinggi, dapat anda temukan pada kacang kedelai, kacang hijau dan jengkol.

 

2.     Mengatasi Perut Buncit.

Jengkol merupakan salah satu jenis makanan yang mengandung serat tinggi. Dengan serat itu, maka proses pencernaan dalam tubuh akan lebih mudah dan lancar. Tahukah anda? Bahwa susah buang air besar adalah salah satu penyebab yang memicu perut buncit. Dan manfaat jengkol dalam melancarkan buang air besar akan mengatasi pemicu terbentuknya perut buncit.

 

3.     Mencegah Anemia.

Anemia adalah keadaan saat seseorang kekurangan sel darah merah, karena kurangnya produksi sel darah merah dalam tubuh. Kurangnya produksi itu dipicu oleh kurangnya suplai oksigen dan zat besi ke dalam tubuh. Jengkol mengandung zat besi yang dapat bermanfaat memicu produksi sel darah merah, dan mencegah anemia. Bagi anda para wanita, mengonsumsi makanan yang mengandung zat besi saat sedang menstruasi adalah hal yang sangat disarankan. Saat anda kehilangan banyak darah karena mentruasi, maka penuhilah kebutuhan zat besi bagi tubuh anda. Salah satu makanan yang mengandung zat besi itu adalah ”jengkol’

 

(asal jangan makan terlalu banyak ya.... nanti kejengkolan !)

Rate this item
(0 votes)

1 comment

  • cecep

    Hmmm... Robbana maa kholaqta Haadza bathila subhaanaka faqina adza bannar... Maha manfaat Allah dengan segala ciptaan-Nya, oleh karenanya Allah memiliki asmaul Husna An-Naafi'u artinya Yang Maha memberi manfaat. Tidak heran jika jengkol, walau di sisi lain tidak enak aroma baunya, tapi masih memiliki segudang manfaat seperti yg dipaparkan Ibu Nina dlm artikelnya ini. Jengkol hanya satu dr sekian banyak makanan yg mungkin di anggap makanan sepele atau murahan atau kampungan, padahal ternyata memiliki manfaat dan protein yg tinggi. Begitulah memang Allah menciptakan sesuatu, ada sisi kekurangan, tetapi di sisi lain ada nilai kelebihannya. Dalam sebuah buku yg pernah sy baca (entah apa judulnya,sy lupa krn sdh 30 tahun yg lalu sy membaca buku tersebut) dijelaskan Bahwa ada pengobatan yang dipakai dr sesuatu yg dibenci/dimakruhkan. Hal ini dikarenakan awal sakitnya seseorang dimulai pada hari selasa. Hari selasa adalah Hari dimana Allah menciptakan sesuatu yg tdk disukai, oleh karena jika pertama sakit pd hari selasa, maka obatilah dgn sesuatu yg tdk disukai. Obatnya ya bisa macam2 jenis (alat/perantara ) pengobatan dr bahan2 yg tdk disukai. Mgkn bisa jg dr pete,jengkol, kotoran ayam dll pokoknya yg dibenci/tdk disukai. Apalagi jengkol, yg sudah jelas nilai manfaat dan kandungan protein tinggi dllnya. Intinya adalah jgn kita anggap remeh ciptaan Alloh, walau jengkol dan yg lebih rendah dr jengkol sekalipun, krn so pasti Alloh sudah sediakan nilai dan manfaatnya. Hanya saja 'Hati' kita belum mampu mengungkap dan menyingkap rahasia di balik ciptaan Alloh tersbt.

    posted by cecep Jumat, 20 November 2015 22:07 Comment Link

Leave a comment

Make sure you enter all the required information, indicated by an asterisk (*). HTML code is not allowed.